KOMDA PETANI MILENIAL KABUPATEN PESISIR SELATAN PERIODE 2023-2028 DIKUKUHKAN - GitranNusantara.com

Breaking News

KEPOLISIAN

KOMDA PETANI MILENIAL KABUPATEN PESISIR SELATAN PERIODE 2023-2028 DIKUKUHKAN


 

Pesisir Selatan, GitranNusantara.com - Lima orang petani milenial dari kabupaten pesisir selatan di kukuhkan, Dika Yulianof Putra (Sebagai Ketua Komda), khairil boy (Wakil ketua) Jhoni Indra Gunawan (Sekretaris Komda), Roni putra (wakil sekretaris) dan Nofri ayu yulianti (Bendahara Komda), sebagai Komisariat Daerah (KOMDA) Petani Milenial (PM) untuk periode 2023 - 2028 oleh Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Pengukuhan ini dilaksanakan di Gedung B Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan, selasa (20/12). Kepala bidang penyuluhan dinas  pertanian kabupaten pesisir selatan berharap milenial dapat berperan aktif dan eksis di tengah-tengah masyarakat Tani yang ada di tingkat bawah atau tingkat kecamatan. "petani milenial harus bisa berperan aktif di tengah masyarakat tani yang ada di tingkat bawah atau kecamatan serta berkembang dengan kemajuan teknologi pertanian 4.0 dan dan seterusnya juga 5.0", ungkap Zulmaidi.

 

Sementara itu Ketua Komisariat Daerah (KOMDA) Petani Milenial juga berharap bisa bekerja sama dengan seluruh pelaku tani yang ada di pesisir selatan. "Kami berharap dengan dikukuh nya komisariat daerah petani milenial dapat bekerja sama dengan seluruh petani yang ada di pesisir selatan, langkah pertama kami adalah menginvestigasir seluruh potensi pertanian yang ada di kabupaten pesisir selatan dan nanti kita carikan pasar yang terbaik". Kata Dika Yulianof Putra.

 

Komda Petani Milenial menjadi kekuatan pertanian muda yang semakin maju. Sehingga, mereka bisa mengkoordinir masyarakat tani untuk perbaiki teknologi bertaninya, termasuk lebih mandiri. Pembentukan Komisariat Daerah (Komda) Petani Milenial ini diikuti 15 Kecamatan di pesisir selatan yaitu Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Airpura, Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan, Ranah Ampek Hulu, Lunang, dan Silaut.

 

Fungsi yang diharapkan setelah terbentuknya komisariat daerah Petani Milenial Kabupaten Pesisir Selatan adalah untuk membentuk jejaring pertanian yang di tingkat kecamatan.  "fungsinya adalah membentuk jejaring yang di isi oleh para milenial maupun sudah milenial. Jejaring yang dimaksud adalah menjadi tempat untuk bertukar pikiran dan pengembangan usaha pertanian secara bersama sama," kata jhoni Indra Gunawan Sekretaris Komda petani milenial Pesisir Selatan.

 

"Sebenarnya yang menjadi spirit utamanya adalah bagaimana caranya membantu para petani milenial untuk bertahan dan bahkan berkembang dengan produk produk pertaniannya." tutupnya. Saat ini di Pesisir selatan, program pengembangan sumber daya pertanian yang melibatkan petani milenial sedang di galakan, sehingga regenerasi pertanian akan berjalan sesuai harapan. Dengan para petani milenial, Inovasi dan tantangan di bidang pertanian akan lebih mudah diterapkan. (Red-GN)