PROYEK SPAM AIR BANGIS T.A 2023 BELUM SELESAI ADA APA ??? - GitranNusantara.com

Breaking News

KEPOLISIAN

PROYEK SPAM AIR BANGIS T.A 2023 BELUM SELESAI ADA APA ???

 


Pasbar (Sumatera Barat) – Gitranunsatara.com, Terkait Belum selesai nya Proyek SPAM Air Bangis di Kabupaten Pasaman Barat T.A 2023 Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat Ankat bicara sesuai dengan Surat : PA 01 04 CB3/28 pada 09 Januari 2024 lalu adapun pesan nya yaitu : Kegiatan Optimalisasi SPAM di Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat berkontrak pada 05 April 2023 dengan Nomor : HK 02 03 /02/PPK AM/PPP-SB/2023 dengan masa pekerjaan 240 Hari Kalender 10 April – 05 Desember 2023 selain itu juga BPPW Sumatera Barat berpedoman pada PMK 109 Tahun 2023 sedangkan Progres sampai 09 Januari 2024 baru 79,74 %, Sebut Kusworo Darpito selaku Kepala BPPW Sumatera Barat.

 

Menanggapi Hal tersebut Kurniawan Hasibuan Ketua DPP Gitran Watch Nusantara pada 17/01/2024 angkat bicara selaku Sosial Control dirinya akan Menyampaikan Temuan terkait Belum selesai nya Proyek SPAM Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat T.A 2023 dengan Pelaksana PT. Sinar Sinode Lestari ke Menteri PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR. “ Saat ini kita sedang mempersiapkan Berkas terkait Proyek SPAM Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat T.A 2023 agar diusut tuntas siapa yang bermain dalam lingkar Proyek SPAM Air Bangis, karena diduga kuat ada Pembiaran dan Lemahnya Pengawasan yang dilakukan oleh PPK Kegiatan. Selain itu juga dirinya akan mempertanyakan Jumlah pencairan dana yang direalisasikan dan juga Tindakan Tegas kepada PT. Sinode Lestari agar diajukan Black List karena tidak bekerja sesuai kontrak, sebut Aktivis Anti Korupsi tersebut.

 

Pekerjaan proyek milik, Direktorat Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum RI tahun anggaran 2023, kegiatan proyek Optimalisasi SPAM Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat. Proyek melalui Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Barat Optimalisasi SPAM Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat, diduga terlambat dari jadwal. Berdasarkan papan informasi di lokasi proyek Optimalisasi SPAM Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat
TA 2023 dikerjakan oleh PT. Sinar Saronde Lestari perusahaan asal Gorontalo Utara Kabupaten Gorontalo, dengan pagu anggaran Rp.9.775.000.000, konsultan PT.Gumilang Sajati.

 

Bahwa Kondisi dilapangan kegiatan pelaksanaan Optimalisasi SPAM Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat oleh pihak rekanan PT.Sinar Saronde Lestari tidak mencantumkan berapa pagu anggaran kegiatan, nomor dan tanggal kontrak beserta lama waktu pelaksanaan. Bahwa pekerjaan fisik dilapangan, ditenggarai juga tak sesuai harapan. Terutama kedalaman galian pipa dan tak menggunakan urugan pasir untuk alas pipa. Sebab, kedalaman galian pipa berdiameter 200 mm itu, dalam spek disebutkan 140 Cm. Kenyataannya bervariasi dan kurang dari 140 Cm. Pipa pun diletakkan diatas permukaan galian, tanpa di alas urugan pasir yang berfungsi penyeimbang kedudukan pipa. Selanjutnya apabila ada Tindakan dari Kementerian PUPR akan di Ekpos pada Edisi Berikutnya.(004/Red-GN/Bersambung)